Mengakses Call Center Shopee di Indonesia untuk Berbagai Keperluan

 Call center Shopee merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pembeli dan penjual online. Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar. Selain itu marketplace yang satu ini juga menjadi pilihan jutaan penggunanya. Hingga saat ini penggunanya telah mencapai puluhan juta dari berbagai penjuru dunia.

Umumnya marketplace ini menjadi ruang bertemu bagi penjual, pembeli, agen ekspedisi dan pihak lainnya. Setiap tahunnya Shopee menawarkan inovasi baru. Misalnya dari segi pembayaran, pembiayaan pembelian produk, garansi sampai sistem pengiriman. Tidak heran apabila Shopee mendapatkan rating tinggi dari para penggunanya.

Salah satu fitur yang disediakan untuk menunjang pengguna yaitu call center Shopee. Fitur tersebut bertujuan memudahkan akses bantuan yang diperlukan oleh semua pengguna Shopee. Permasalahan yang kerap dialami penggunanya misalnya penundaan refund barang. Kendala ini biasanya dialami oleh para buyer yang ingin mengembalikan produk.

Meski keterangan mengenai refund barang telah tersedia namun masih banyak buyer maupun seller yang kurang memahami alurnya. Dalam hal ini kedua pihak memerlukan layanan customer care interaktif. Sehingga kendala saat refund bisa terselesaikan tanpa meninggalkan rasa kecewa dari kedua belah pihak.

Permasalahan lain yang dialami oleh buyer adalah pembelian produk berupa pulsa dan e-voucher. Biasanya pembayaran telah sukses dilakukan namun tidak disertai penerimaan pulsa. Beberapa pengguna juga terkendala saat menyambungkan rekening e-wallet dan akun Bank ke Shopeepay. Inilah pentingnya call center yang disediakan oleh pengelola Shopee.

Macam-Macam Layanan Call Center Shopee Indonesia

Ada berbagai layanan yang ada di dalam fitur call center marketplace Shopee. Layanan tersebut diberikan lantaran kebutuhan buyer maupun seller. Sehingga mereka dapat terhubung dengan customer cervice sesuai permasalahan yang sedang dihadapi. Call center juga diklasifikasikan sesuai topik layanan yang diberikan oleh Shopee.

Layanan pertama perihal pengiriman barang lewat Shopee Express. Layanan customer care tersebut bertujuan mendukung seller yang hendak mengirim barang ke buyer. Call center dalam kategori ini sesuai dengan program Shopee Express Seller Support. Shopee Express sendiri merupakan sistem pengiriman barang yang dikelola oleh perusahaan tersebut.

Call center khusus Shopee Express tersedia setiap hari Senin hingga Minggu. Sementara live chat dapat dilakukan pada jam kerja yaitu pukul 9 pagi hingga setengah 8 malam. Jenis kedua call center Shopee berupa layanan email. Bantuan layanan lewat email memungkinkan pengguna mendapatkan respon secara tertulis.

Ada keuntungan yang didapatkan saat menggunakan layanan email. Buyer dan seller yang mengajukan pertanyaan lewat email dapat menyertakan lampiran. Seperti lampiran dokumen foto maupun video untuk mendukung pertanyaan yang diajukan. Untuk terhubung ke layanan call center via email dapat mengirim surel ke alamat help@support.shopee.co.id.

Jenis lain adalah panggilan melalui saluran telephone. Panggilan telephone interaktif dapat dilakukan oleh para pembeli yang memiliki permasalahan dan pertanyaan seputar layanan Shopee. Panggilan customer service Shopee bisa dilakukan melalui nomor 1500702. Layanan call center untuk buyer tersebut tersedia setiap hari selama 24 jam.

Langkah-Langkah Mengakses Call Center Shopee

Untuk mengakses layanan customer care di Shopee sangat mudah. Terdapat dua alternatif yang dapat digunakan pengguna. Keduanya yaitu mengakses dari website dan aplikasi Shopee. Agar terhubung dengan layanan pusat bantuan dari aplikasi diperlukan smartphone android. Kemudian unduh aplikasi marketplace tersebut lewat Google Play.

Pengguna yang sudah menginstall Shopee biasanya juga disarankan untuk melakukan pembaruan alias udpate ke versi terbaru. Bagi kalangan yang belum mempunyai akun Shopee sebaiknya membuat terlebih dahulu. Tujuannya agar nantinya lebih mudah mengakses dan menghubungi call center lewat aplikasi maupun website resmi Shopee.

Langkah pertama agar terhubung dengan call center Shopee dengan membuka aplikasi versi baru tersebut. Setelah aplikasi terbuka klik menu akun saya. Pilihan menu ini ditandai dengan ikon orang di bagian paling kanan. Beberapa menu yang berhubungan dengan layanan customer care terdapat di bagian bawah.

Selanjutnya pengguna yang sudah terdaftar menjadi member Shopee resmi dapat memilih menu Pusat Bantuan. Letaknya di satu baris di atas layanan “Chat dengan Shopee”. Setelah masuk ke dalam menu yang satu ini pengguna akan melihat beberapa pertanyaan. Namun pertanyaan tersebut sudah disertai dengan jawaban.

Beberapa pertanyaan dan jawaban yang disediakan biasanya mengenai permasalahan dasar. Permasalahan tersebut seringkali dialami oleh buyer maupun seller. Jika permasalahan yang dialami tidak tercantum pada bagian ini dapat melanjutkan menu bawah. Pada menu bagian bawah terdapat tiga alternatif. Pilihlah menu telephone ke nomor 1500702.

Manfaat Call Center Shopee Bagi User Marketplace

Layanan customer care selalu berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pusat bantuan customer Shopee juga dirancang untuk kebutuhan kepuasan pelanggan. Namun dalam prakteknya ada banyak kalangan yang ikut merasakan dampak positif call center. Secara garis besar semua user Shopee merupakan kalangan yang mendapatkan manfaat hadirnya call center.

Manfaat pertama call center dirasakan oleh seller atau penjual produk-produk online di Shopee. Customer care merupakan jembatan penyambung antara seller dengan buyer yang sedang bermasalah. Terkadang ada kendala yang dihadapi seller saat menjual produknya. Seperti selisih pendapat saat barang sudah diterima pembeli.

Pembeli merasa barang yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi. Sementara penjual sudah mengirimkan produknya sesuai dengan deskripsi. Dalam kondisi tersebut peran call center Shopee sangat penting. Layanan bantuan customer care akan memandu kedua belah pihak untuk menemukan titik terang dari permasalahan yang dihadapi.

Manfaat kedua dirasakan oleh para pengguna Shopee dari kalangan pembeli. Buyer memiliki aktifitas tinggi di dalam aplikasi tersebut. Dalam satu hari buyer dapat membeli produk dari berbagai toko online di Shopee. Bayangkan aktifitas yang sama juga dilakukan oleh jutaan orang lainnya.

Hal ini menyebabkan over trafic pengunjung yang berkepanjangan. Lalu lintas pengunjung aplikasi yang padat juga menyebabkan transaksi menjadi lambat. Bahkan beberapa menu pada aplikasi tidak dapat dibuka. Untuk mengatasinya para pengunjung dari kalangan pembeli dapat menghubungi call center agar mendapatkan bantuan log in.

Trik Menghubungi Call Center Shopee dengan Bijak

Sebagai pengguna marketplace setiap orang diharuskan lebih bijak. Salah satunya dalam menggunakan layanan call center yang sudah disediakan oleh Shopee. Memang tujuan dari pusat bantuan tersebut adalah membantu semua user. Namun sebenarnya tidak semua hal yang menjadi masalah buyer maupun seller diselesaikan lewat call center.

Untuk permasalahan dasar waktu pengiriman misalnya sudah dijelaskan lewat menu pusat bantuan. Sehingga konsumen dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut tanpa harus menghubungi call center via panggilan telephone. Menu pusat bantuan juga menjadi bahan bacaan yang tepat bagi konsumen sebelum memutuskan menghubungi call center.

Pada menu pusat bantuan terdapat beberapa kategori ulasan yang dapat menjawab pertanyaan konsumen secara otomatis. Diantaranya seputar garansi Shopee, SPinjam, kode OTP, perubahan nomor telephone, dan pengaktifan metode pembayaran SPayLater. Selain itu di dalamnya terdapat informasi mengenai sistem keamanan Shopee.

Pada akhirnya semua user Shopee bisa mendapatkan jawaban dan solusi dengan cepat. Buyer dan seller yang sama-sama memiliki andil besar di dalam setiap transaksi juga lebih mudah mendapatkan bantuan. Begitu juga call center Shopee di Indonesia bisa memberikan perannya sesuai dengan kebutuhan para pelanggan setia.

Sumber : https://www.teknohits.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.